Menteri Kesehatan Dukung Pengendalian Tembakau

[JAKARTA] Menteri Kesehatan (Menkes) Endang Rahayu Sedyaningsih menegaskan dirinya mendukung implementasi UU 10116_1247615876746_1419900346_30728586_2680288_nKesehatan, khususnya yang mengatur pengendalian tembakau dan produk turunannya. Dalam waktu dekat pihaknya akan menyusun Rancangan Peraturan Pemerintah (RPP) tentang Zat Adiktif, yang isinya antara lain mengatur pengendalian tembakau.

“Tembakau tidak sehat dan Departemen Kesehatan bekerja di bidang kesehatan masyarakat,” katanya kepada SP di Jakarta, Jumat (23/10).
Saat ditanya tentang upaya pengendalian tembakau yang kerap mendapat perlawanan dari berbagai pihak terkait cukai rokok, tenaga kerja, dan nasib petani tembakau, Menkes menyatakan masalah itu akan dibicarakan dengan departemen terkait, seperti Departemen Perindustrian serta Departemen Tenaga Kerja dan Transmigrasi.

Pada kesempatan itu, Endang menyatakan arahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) tentang pembangunan kesehatan lima tahun ke depan, tidak secara khusus menyebutkan pengendalian tembakau.

Salah satu arahan SBY adalah meningkatkan kerja sama internasional. Indonesia tak bisa mengatasi masalah kesehatan sendiri, misalnya dalam mengendalikan penyakit menular yang berpotensi pandemi, seperti flu burung dan flu A-H1N1.

“Kerja sama dengan negara lain tidak hanya dalam kasus flu burung, tetapi juga untuk penyakit lain,” kata-nya.

Dalam bekerja sama dengan pihak asing, seperti pengiriman sampel virus flu burung (H5N1) dilaksanakan dengan prinsip perjanjian pertukaran material (material transfer agreement/MTA), yakni mencakup hak dan kewajiban pihak-pihak terkait, termasuk pembagian keuntungan dalam pertukaran material. Dengan demikian, Indonesia memiliki posisi sejajar dengan pihak lain.

Terkait dengan keberadaan lembaga riset Amerika Serikat (AS) di Indonesia, NAMRU, menurutnya, sudah tidak ada lagi kegiatan di lembaga itu.

Sebagai penggantinya, dibentuk kerja sama riset di bidang biomedis dan kesehatan masyarakat yang tidak berbau militer, yakni Indonesia US Centre for Biomedical and Public Health Research.

Tentang isu kedekatan dirinya dengan NAMRU dan AS, Endang menegaskan dirinya tidak hanya dekat dengan AS, tetapi juga negara lain seperti Tiongkok, Belanda, dan Jepang. Kedekatan itu terkait aktivitasnya sebagai peneliti yang harus bekerja sama dalam riset tertentu.

Lanjutkan yang Baik

Sementara itu, dalam pidato saat serah terima jabatan, Endang menyatakan dirinya akan melanjutkan program kesehatan sebelumnya yang dianggap baik. Alasannya, tidak ada waktu untuk bongkar-pasang dan program yang belum berjalan lancar akan diatasi dengan kerja sama tim.
Dikatakan, Presiden SBY telah memberi arahan pembangunan kesehatan dalam jangka 100 hari kerja, setahun, hingga lima tahun ke depan. Dalam 100 hari kerja Kabinet Indonesia Bersatu (KIB) II, program di bidang kesehatan adalah membuat good governance di Departemen Kesehatan dan melanjutkan program kesehatan prorakyat, seperti Jamkesmas, meningkatkan upaya kesehatan berbasis komunitas, seperti posyandu dan puskesmas, serta menyeimbangkan promosi preventif, kuratif, dan rehabilitatif.
Menyinggung pelaksanaan Sistem Jaminan Sosial Nasional (SJSN) khususnya jaminan kesehatan, Endang menyatakan akan mempelajarinya dan kemungkinan dikaitkan dengan Jamkesmas.

Tugas lain yang harus dikerjakan Endang adalah mencapai tujuan pembangunan milenium, seperti menurunkan angka kematian ibu (AKI), angka kematian bayi dan balita, angka gizi buruk dan gizi kurang, pengendalian penyakit menular, dan pembangunan rumah sakit bertaraf internasional. Untuk mencapai target pembangunan di bidang kesehatan harus ada program yang runut dan memiliki target jelas. “Target pembangunan bidang kesehatan hanya bisa tercapai lewat kerja sama tim,” katanya. [N-4]

http://www.suarapembaruan.com/index.php?detail=News&id=11311

About Aurellia

Aku ingin jadi malaikat kecil yang hidup dalam keluarga kecil. Ingin membahagiakan Orang tua dengan segala kemampuan yang ku miliki. Anak sholeh Or sholehah,itu impianku. saat ku hadir dalam kerasnya dunia ini, aku akan selalu ada untuk kedua orang tuaku. terutama untuk Ibu ku (Dewi Uning Marhandhika).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s